oleh

Doa dan Amalan Usai Malam Nisfu Syakban Hingga Ramadan

Mitrapost.com Bulan Syakban sudah banyak diketahui umat Islam sebagai bulan penuh kemuliaan. Bahkan Nabu Muhammad meningkatkan puasa sunnahnya selama bulan menjelang Ramadan ini. Selain malam puncak nisfu Syakban, keutamaan amalan setelahnya pun juga sangat dianjurkan.

Umat muslim dianjurkan untuk berdoa meminta ampunan kepada Allah. Anjuran tersebut bukan tanpa alasan sebab menurut Gus Hayid dalam artikel NU Online disebutkan bahwa salah satu kemuliaan bulan Syakban merupakan waktu dimana amal manusia diangkat kehadirat Allah. Oleh sebab itu memohon ampunan sudah sepatutnya dilakukan agar saat diangkat amalnya manusia dalam keadaan baik.

Baca juga: Syakban, Puasa yang Paling Disukai Nabi Muhammad

Adapun doa yang hendaknya dibaca pada malam-malam setelah nisfu Syakban hingga bulan Ramadan adalah seperti berikut:

اللهم إنك عفوٌ كريمٌ تُحب العفو فأعفُ عنّا اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة

Allahumma innaka afuwwun karim tuhibbul afwa fa’fu ‘anna. Allahumma inna nas’alukal afwa wal afiyah wal mu’afataddaimah fid diini wad dunyaa wal aakhirah.

“Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemaaf dan Engkau cinta maaf, maka maafkanlah kami. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kemaafan dan kesehatan dan pemeliharaan yang berkesinambungan dalam hal agama, dunia dan akhirat.”

Doa tersebut disampaikan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya Madza fi Sya’ban sebagaimana dilansir dari Islami.co

Baca juga: Doa Meminta Kemudahan dan Keluar dari Kesukaran

Selain membaca doa dan meminta ampunan, umat Islam juga dianjurkan untuk bersalawat kepada junjungan Nabi Muhammad.

Anjuran ini seperti disebutkan dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Dalam surat tersebut Allah menegaskan tentang kegungan dan kemuliaan Rasulullah. Membaca salawat kepada Rasul sendiri memiliki banyak faedah. Allah akan membalas hambanya yang bersalawat kepada Rasul hingga mendapatkan catatan amal kebaikan.

Oleh sebab itu, sembari menunggu datanya bulan Ramadan alangkah baiknya juga diisi dengan hal-hal yang baik pula. (*)

Baca juga: Bacaan Salawat Nariyah dan Fadilahnya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait