oleh

Investor Berbondong ke Pati, Kepala DPMPTSP: Dulu Banyak yang Kabur

Pati, Mitrapost.com Saat ini, investor-investor mulai berdatangan ke Kabupaten Pati. Mereka menanamkan modal dengan membuat beberapa perusahaan. Beberapa perusahaan yang membangun pabrik di Kabupaten Pati yakni, PT. Sejin Fashion Indonesia, PT. HWI dan lainnya.

Banyaknya perusahaan yang mulai berbondong-bondong ke Kabupaten Pati merupakan suatu prestasi. Mengingat dulu investor enggan ke kabupaten yang berjuluk Bumi Mina Tani ini.

Bahkan, beberapa mereka yang telah berinvestasi di Kabupaten Pati memilih hengkang dan menanamkan modal ke daerah lain.

“Ketika awal saya bertugas, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati kan menanyakan kenapa pabrik kok pada keluar dari Pati,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati Sugiyono saat ditemui di ruangnya, Senin (29/3/2021) kemarin.

Baca juga: Investasi Pati tahun 2020 Rp3,5 Triliun, Ditopang UMKM

“‘Apa usaha saudara?’ Dulu banyak yang keluar lebih memilih ke Jepara dan lainnya. Ada apa ini?” lanjut Sugiyono.

Hal ini membuat Sugiyono memutar otak dan berinovasi agar para investor tidak pergi dari Kabupaten Pati serta membuat para investor lainnya berdatangan ke Kabupaten Pati.

Pihaknya mengadakan Pati Business Forum pada tahun 2018 lalu. Acara ini mengundang pelaku usaha dan investor dari berbagai tingkat. Baik investor tingkat regional, nasional hingga internasional atau investor asing.

Forum ini menarik investor dari Korea Selatan, yakni Mr. Kim yang membawahi perusahaan Parkland Co., Ltd. “Waktu itu perusahaan milik Mr. Kim dari Korea, Parkland, tertarik dengan Pati. Terus dari Parkland itu diambil alih anak perusahaannya Sejin Fashion Indonesia itu,” ujar Sugiyono.

Baca juga: Pabrik Jas Satu-satunya di Indonesia Terletak di Pati

Hingga akhirnya, pada tahun 2019 PT. Sejin Fashion Indonesia benar-benar berinvestasi di Kabupaten Pati dan mulai mendirikan pabrik garmen dan sepatu di Kacamatan Margorejo.

“Dan (mulai Februari) kemarin mulai operasional,” kata Sugiyono.

Pati Business Forum Ini juga menarik HWI pada tahun 2019 lalu. HWI tengah mendirikan pabrik di Kacamatan Batangan.

Selain forum ini, beberapa langkah juga dilakukan DPMPTSP Kabupaten Pati agar para investor mau datang dan menanamkan modal di Kabupaten Pati. Di antaranya pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP) serta pemetaan rencana tata ruang wilayah (RTRW) di Kabupaten Pati. (Adv)

Baca juga: Dampingi Bupati Pati, DPMPTSP Tinjau PT Sejin Fashion

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait