oleh

Dispertan Pati Optimalkan Lahan Perhutani untuk Budidaya Porang

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati berupaya mengoptimalkan lahan Perhutani untuk membudidayakan tanaman porang. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Dispertan Kabupaten Pati, Gunawan.

Ia berencana memanfaatkan lahan perhutani milik pemerintah untuk dijadikan lahan budidaya tanaman porang.

“Kami harapkan tanaman ini mampu ditumbuhkembangkan di lahan-lahan perhutani, hutan rakyat, dan kebun-kebun milik instansi negara,” ujarnya.

Baca juga: News Grafis : Dispertan Tingkatkan Budidaya Kopi Lokal

Tahun ini pihaknya berupaya meningkatkan hasil panen porang yang ada di Kabupaten Pati. Serta melakukan pendampingan untuk memantau pertumbuhannya.

Perlu diketahui, tanaman porang merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang dapat dimakan. Akan tetapi, porang dijual dalam bentuk tepung atau cips.

Menurut, Gunawan, tanaman porang telah menembus pasar ekspor internasional sebagai bahan industri pangan, obat, hingga kosmetik. Tanaman tersebut sudah diekspor di Jepang sebagai bahan baku beras shirataki (beras diet).

Baca juga: Video : Dispertan Pati Pastikan Bulog dan Konstraling Serap 16 Ribu Ton Gabah Petani

“Saat ini Dispertan sedang membudidayakan porang di lahan kantor. Harga tanaman porang mencapai Rp30 ribu. Untuk prediksi harga buahnya mencapai Rp10 ribu dan harga umbi akarnya mencapai Rp20 ribu,” ungkapnya.

Komentar

Berita Terkait