Pertolongan Pertama Penyakit Jantung Koroner

Mitrapost.com– Jantung koroner disebabkan karena adanya kerusakan atau penyakit pada pembuluh darah utama pada jantung.

Hal ini dikarenakan karena adanya penumpukan plak, yang menyebabkan penyempitan pada arteri koroner. Biasa ditandai dengan nyeri dada, serangan jantung, atau tanpa gejala.

Risiko jantung koroner dapat terjadi pada siapa saja. Hal ini dikarenakan pola hidup, seperti kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik, berat badan berlebih (obesitas), diet yang tidak sehat, stress, dan lain sebagainya.

Menyadur dari P2PTKemenkes RI, pertolongan pertama pada penderita penyakit jantung koroner, dapat dilakukan dengan 5 langkah berikut,

Baca Juga: Jantung Tetap Sehat Dengan Lakukan 5 Hal Sederhana

  1. Tirah Baring

Tirah baring dapat dilakukan dengan posisi setengah duduk menggunakan batal tinggi. Pastikan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi 20-30 derajat. Hal ini dapat dilakukan sebagai persiapan sebelum membawa ke Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit.

  1. Hindari Gerakan Mendadak

Selama memberikan pertolongan pertama pada penyakit jantung koroner, hindarkan penderita dari gerakan mendadak, serta aktivitas apapun, seperti banyak bicara, mengejan, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati