oleh

Jantung Tetap Sehat Dengan Lakukan 5 Hal Sederhana

Mitrapost.com – Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung juga berfungsi untuk membawa nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh seluruh organ yang ada dalam tubuh. Selain itu, jantung juga bertugas untuk mengangkut zat- zat sisa.

Oleh karena itu, menjaga jantung agar tetap sehat menjadi hal yang sangat penting. Lakukan 5 hal sederhana berikut, sebagaimana dilansir dari P2PTMKemenkesRI, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Segudang Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

  1. Tetap Aktif

Pastikan tubuh tetap aktif, dengan melakukan beberapa aktivitas seperti olahraga. Misalnya dengan joging selama 75 menit setiap minggunya.

  1. Jangan Merokok

Merokok menjadi salah satu aktivitas yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Terdapat lebih banyak dampak yang merugikan daripada dampak menguntungkan.

Baca Juga: Info Grafis : HAL HAL YANG DAPAT MEMBUAT KESEHATAN MENTALMU MEMBURUK

Tidak hanya merugikan diri sendiri, merokok juga menjadi hal yang membahayakan orang lain. Bagi perokok, sebaiknya segera berhenti untuk menjaga jantung tetap sehat.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Kaya Serat

Dengan konsumsi makanan sehat yang kaya serat, seperti buah- buahan dan sayuran, dan biji- bijian kaya serat, menjadikan jantung lebih sehat. Hal ini dikarenakan, makanan- makanan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat berisiko untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Minuman Boba dan Bahaya Kesehatan yang Mengancam

  1. Tidur Cukup

Dengan tidur cukup, menjadi salah satu cara mudah menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian dengan 3000 peserta orang dewasa dengan usia di atas 45 tahun yang tidur kurang dari 6 jam, berisiko terkena penyakit stroke atau jantung dibandingkan dengan orang yang tidur hingga 6 atau 8 jam sehari.

Baca Juga: 7 Macam Makanan Sehat bagi Jantung

Intensitas tidur yang kurang, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seperti halnya tekanan darah dan peradangan.

  1. Kelola Stres

Stres dalam jangka panjang membuat tekanan darah meningkat, dan merusak dinding arteri jantung. Oleh karena itu, mengelola stres dapat menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait