Khasiat Binahong, Baik bagi Jantung hingga Cegah Kanker

Mitrapost.com – Daun binahong berasal dari tanaman binahong yang merupakan tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Tumbuhan menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk ini berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan daya tahan tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Rambutan, Kaya Vitamin hingga Cegah Kanker

Tanaman binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Daunnya sudah biasa dipakai untuk berbagai macam obat tradisional di masyarakat sejak zaman dulu bahkan hingga sekarang meskipun sudah ada obat-obat yang lebih modern.

Apa sajakah manfaat daun binahong untuk kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Mengobati Luka Bakar
Baca Juga :   Kenali Manfaat dan Bahaya Memakan Seblak

Luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Baca juga: Manfaat Buah Nangka, Bisa Jaga Gula Darah

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

  1. Mengobati Maag

Jika Anda memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, maka daun binahong bisa menjadi solusinya. Kandungan yang ada di dalam daun binahong akan membuat perut Anda menjadi tenang. Selain mengobati maag, teratur minum jus binahong atau air rebusan binahong, juga bisa mengobati penyakit disentri pada sistem pencernaan.