Manfaat Kurma untuk Buka Puasa

Mitrapost.com – Kurma merupakan salah satu menu pelengkap selama Ramadan. Biasa disajikan ketika sahur atau berbuka puasa.

Kurma termasuk dalam tanaman palma yang berasal dari daerah Timur Tengah, serta memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Kandungan dalam kurma, terdiri dari 70% karbohidrat. Dan beberapa nutrisi lainnya, seperti serat, protein, kalium harian, magnesium dan lain sebagainya.

Berikut manfaat kurma untuk buka puasa, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Menu Sahur Mudah, Enak, dan Praktis

  1. Sumber Energi

Berdasarkan studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menyatakan bahwa konsumsi kurma dapat membantu mengembalikan energi yang telah hilang selama beraktivitas.

Baca Juga :   5 Tips Menjaga Kolesterol Stabil saat Hari Raya Kurban

Oleh karena itu, kurma bagus dikonsumsi untuk berbuka puasa. Di mana ketika puasa tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup.

Sehingga dengan konsumsi kurma, dapat kembali mengembalikan energi yang sudah hilang selama beberapa jam.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kurma mengandung serat makanan dengan jenis yang tidak larut. Jenis serat tersebut, dapat membantu membersihkan usus dan mengurangi risiko terkena kanker usus.

Buah kurma juga dapat memelihara mukosa lambung ketika puasa. Kurma juga bersifat antiradang dan protektif, oleh karena itu lambung tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadan.

Baca Juga: Boleh Jalankan Tradisi Padusan Jelang Ramadan, Asal Patuh Prokes

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Kurma dapat membantu menjaga kadar gula darah. Kurma juga cocok dikonsumsi ketika berbuka puasa, untuk menaikan kadar gula darah tetap stabil. Oleh karena itu, kurma aman dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

  1. Membersihkan Liver
Baca Juga :   Kebutuhan Beras di Semarang Tercatat Surplus Hingga Lebaran

Dengan nutrisi yang terkandung dalam kurma, berfungsi untuk mengoptimalkan sel hati. Selain itu, juga mampu membersihkan liver dari tumpukan toksin dan lemak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar