Dewan Dorong Petani Pati Lakukan Kemandirian Benih

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong kepada para petani di Bumi Mina Tani untuk melakukan gerakan kemandirian benih.

Hal ini bertujuan agar petani mampu mencukupi kebutuhan masa tanam saat persediaan benih terbatas di tengah himpitan ekonomi.

“Dengan adanya kebijakan kemandirian benih, petani dapat memenuhi kebutuhan benihnya sendiri. Ini merupakan gerakan yang bagus yang semestinya didampingi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),” ujar Narso, Selasa (13/4/2021).

Narso menyebut bahwa pertanian merupakan sektor penguat ketahanan pangan serta menjadi harapan untuk membangkitkan sektor perekonomian daerah.

Baca juga: Majukan Pertanian, BPP Sukolilo Kelola Benih Tanaman Mandiri

Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati, menurut Narso, dapat berkolaborasi dengan Kelompok Tani (Poktan) dalam memenuhi varietas benih yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Baca Juga :   PPKM, Dewan Pati Minta Desa Gencarkan Sosialisasi

“Kalau benihnya memproduksi sendiri, bisa jadi meminimalisir permasalahan yang terjadi. Hal itu disebabkan karena tempat produksi benih masih dalam satu daerah yang sama dengan lokasi konsumen (petani),” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati