Simulasi Sekolah Tatap Muka Berakhir, Hasil Evaluasi Menunggu Provinsi

Pati, Mitrapost.com – Simulasi sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka (PTM) berakhir pada Jumat (16/4/2021) dan Sabtu (17/4/2021) hari ini kemarin.

Sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau hanya kegiatan belajar mengajar (KBM) selama lima hari selama sepekan, uji coba PTM-nya berakhir kemarin.

Serta untuk sekolah yang berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag) atau sekolah berkegiatan belajar mengajar (KBM) selama enam hari selama sepekan, uji coba PTM berakhir hari ini.

Baca juga: Sambut Wacana KBM Tatap Muka, Ribuan Guru Madrasah di Pati Siap Divaksin

Dalam uji coba PTM ini, setiap harinya sekolah yang ditunjuk menyampaikan laporan untuk dievaluasi. Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati dan sekolah masih menunggu hasil evaluasi dan keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Baca Juga :   Hari ke-3 Simulasi KBM Tatap Muka, Pjs Bupati Rembang Kunjungi SMP N 1 Kragan

Rencananya, sekolahan ataupun kelas akan ditambah jika uji coba PTM ini dinilai berhasil dan tidak ada temuan kasus Coronavirus Disease atau Covid-19.

“Belum tahu kapan, Mas. Ditunggu saja hasilnya. Entah ditambah siswanya ataupun sekolahnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Winarto saat dikonfirmasi kemarin.

Baca juga: Video : Sambut Wacana KBM Tatap Muka, Ribuan Guru Madrasah di Pati Siap Divaksin

Namun, pihaknya mengaku, hasil evaluasinya semua sekolah tercatat baik. Tidak ada temuan Covid-19. Baik dari siswa maupun guru. “Selain itu, tidak ada siswa yang izin. Tidak ada yang dilarang orang tuanya. Semoga saja hasil evaluasinya bagus. Sehingga simulasi PTM ini bisa dilanjutkan,” tuturnya.

Baca Juga :   Video : KBM Tatap Muka Segera Digelar, Perpustakaan Daerah Bersiap Dibuka

Berdasarkan survei di dua sekolahan yang menggelar uji coba PTM, banyak wali murid atau orang tua yang meminta kejelasan kepada pihak sekolah terkait PTM tahun mendatang.

“Orang tua murid ini kebingungan. Besok bagaimana. Masuk apa tidak. Jadi saya belum bisa menjawab itu,” kata Kepala Sekolah SMPN 3 Pati Ruqayah.

Saat uji coba PTM, pihaknya mengaku tidak ada permasalahan yang terjadi. Semua siswa mendapat izin dari wali murid. Tidak ada murid yang izin setelah PTM ini berlangsung.