oleh

Sepi Pengunjung, Para Pedagang di Makam R.A. Kartini Hanya Bisa Maklum

Rembang, Mitrapost.com-Momen Peringatan Hari Kartini, menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang di komplek Makam Wisata Religi R.A. Kartini.

Pasalnya, dari tahun ke tahun, peringatan Hari Kartini selalu digelar secara meriah. Termasuk di Makam Kartini sendiri.

BPKAD Pati

Yang biasanya diadakan berbagai acara dengan dihadiri banyak pengunjung untuk berziarah. Serta akan membawa keuntungan tersendiri bagi para pedagang di komplek tersebut.

Namun, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, momen Peringatan Hari Kartini tahun ini membuat para pedagang menjadi kurang bersemangat.

Baca Juga: Fatayat NU Rembang Kaji Fikih Perempuan Selama Ramadan

Mereka mengaku, pandemi ini turut berpengaruh pada sepinya pengunjung di komplek Makam Kartini, yang berimbas pada pendapatan harian para pedagang.

Rina, salah satu pedagang di area Makam Kartini, menuturkan kalau dirinya hanya bisa maklum dan pasrah.

Sepinya pengunjung di makam Kartini, salah satunya juga dikarenakan masih adanya wabah Covid-19 di Indonesia.

“Wajar, Mas, kalau sepi (pengunjung). Lha wong masih Corona, kok,” ujarnya kepada Mitrapost, Rabu (21/4/2021) kemarin.

Baca Juga: Geliat Desa Pasucen Sebagai Desa Peternak Kerbau di Rembang

Lebih lanjut Rina mengungkapkan, sebelum pandemi, momen Peringatan Hari Kartini selalu diiringi dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Mulai dari upacara, pengajian akbar, hingga kegiatan kebudayaan, seperti wayang kulit, yang tentunya mengundang antusiasme masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke Makam R.A Kartini.

Sementara untuk tahun ini, satu-satunya kegiatan yang dilaksanakan adalah upacara dari ibu-ibu PKK.

“Sebelum Corona ada upacara, pengajian akbar, kegiatan budaya dari kabupaten, biasanya ada wayang kulit semalam suntuk. Biasanya ramai sekali,” terangnya.

Baca Juga: Museum RA Kartini Rembang, Dapatkan Dana Alokasi dari Dirjen Kebudayaan

Meskipun hampir tak ada pengunjung yang datang, Rina dan para pedagang lain tetap berdagang di komplek Makam Kartini pada peringatan Hari Kartini ke-142, Rabu (21/4/2021) kemarin.

Selain untuk berdagang, mereka kompak melakukan aksi bersih-bersih agar lokasi tersebut senantiasa terlihat bersih dan asri.

“Kalaupun buka ya hanya menyapu, membersihkan tempat lokasi di makam Kartini. Supaya bersih, rapi, agar kalau ada pengunjung supaya tetap berkesan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rina dan beberapa pedagang lain di komplek Makam Kartini menerima bantuan sembako dari istri Gubernur Jawa Tengah, Hj. Atikoh Ganjar yang berziarah bersama rombongan, setelah mengikuti upacara peringatan hari Kartini ke-142 di Pendapa kabupaten Rembang.

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Komentar

Berita Terkait