oleh

Merawat Rambut Keriting dengan Bahan Alami

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Memiliki rambut keriting memerlukan perawatan yang lebih intensif. Sebab karakter rambut keriting lebih mudah kusut dan lebih kering. Biasanya semakin keriting struktur rambut maka semakin besar pula potensi keringnya. Hal ini karena sebum lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat rambut keriting:

BPKAD Pati

Jangan sering keramas

Rambut keriting lebih rentan mengalami kering karena sebum susah menempel pada akar rambut. Sedangkan sampo memiliki formula untuk membersihkan kelebihan minyak pada kulit kepala. Oleh sebab itu keramas terlampau sering bagi pemilik rambut keriting sangat tidak disarankan.

Baca juga: Merawat Rambut Rontok dengan Jus Seledri

Baca Juga :   Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Bisa Mendatangkan Penyakit

Gunakan sampo yang sesuai

Pilihlah sampo yang tidak memiliki kandungan detergen atau bebas sulfat, biasanya berlabel bebas SLS pada komposisi sampo. Kandungan SLS pada sampo dapat merusak rambut karena ia bekerjan dengan cara mengikat kotoran dan sebum.

Gunakan conditioner

Pelembab atau conditioner wajib hukumnya digunakan setelah keramas. Hal ini untuk mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut setelah menggunakan sampo. Gunakan conditioner yang mengandung vitamin E atau shea butter yang dapat memberikan efek rambut tidak cepat kusut.

Studi menyarankan agar pemilik rambut keriting menggunakan conditioner setiap keramas, karena efektif membuat rambut lebih mudah diatur. Para ahli juga menyarankan agar membatasi frekuensi keramas, yaitu cukup sekali dalam seminggu.

Baca Juga :   Minyak Kelapa dan Manfaatnya untuk Perawatan Rambut

Selain tips diatas, ada juga bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut keriting tampak sehat dan teratur:

Baca juga: Minyak Kelapa dan Manfaatnya untuk Perawatan Rambut

Minyak argan

Selain untuk menjaga kesehatan kulit, minyak argan juga dapat memelihara keindahan rambut. Oleskan minyak argan dari batang sampai ujung rambut. Bungkus rambut dan biarkan semalaman, lalu cuci rambut menggunakan sampo dan conditioner pada pagi harinya. Rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur.

Alpukat

Cara merawat rambut keriting dan melembapkan rambut juga bisa dilakukan menggunakan masker alpukat. Caranya, campur alpukat, putih telur, dan madu, aduk hingga rata dan oleskan di rambut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Baca Juga :   Cara Tepat dan Aman Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Madu

Masker rambut yang terbuat dari campuran madu dan minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai cara merawat rambut keriting. Caranya, oleskan masker ke rambut secara merata, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas rambut tanpa sampo dan conditioner. (*)

Baca juga: Cegah Rambut Rusak, Ketahui Hal ini Sebelum Keramas

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

 

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait