Tertangkap CCTV, Pencuri di Ponpes Al Hidayat Lasem Masih Diburu

Rembang, Mitrapost.com – Kasus pencurian baru-baru ini terjadi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayat, Soditan, Kecamatan Lasem. Aksi tidak terpuji tersebut tertangkap kamera CCTV dan kini ramai diperbincangkan di media sosial setelah videonya diunggah oleh pihak pesantren.

Sebagaimana dikonfirmasi oleh KH. Affan Martadi, salah satu pengasuh di Ponpes Al Hidayat, kasus pencurian ini sebenarnya sudah terjadi pada hari Kamis, (29/4/2021) lalu. Namun guna mempermudah proses pengusutan pelaku, dirinya dan beberapa pihak pesantren akhirnya mengunggah video dan foto tangkapan layar CCTV di berbagai platform media sosial pada Minggu (2/5/2021) kemarin.

Ia menerangkan, pelaku mulai melancarkan aksinya sekira pukul 18.56 WIB. Hanya saja tidak ada pihak pesantren yang menyadarinya. Hingga akhirnya pada sekitar pukul 20.00 WIB beberapa santri melaporkan kehilangan.

Baca Juga :   Netizen Usulkan Dua Nama Wanita di Pilkada Rembang

Baca juga: Video : Polres Rembang Ungkap Pencurian Spesialis Traktor

“Hari Kamis, 29 April 2021 pukul 18:59 WIB dalam CCTV kami menangkap gambar orang ini masuk ke Pondok Pesantren Al Hidayat Lasem. Tepat setelah itu pukul 20.00-an setelah salat tarawih, diketahui ada beberapa santri yang kehilangan handphone dan sejumlah uang,” ungkapnya.

Nur Fendi, salah satu santri senior di Ponpes Al Hidayat membeberkan, ia adalah yang pertama kali menyadari adanya pencurian tersebut. Ia melapor ke pihak pengasuh dan pengurus Ponpes setelah mendapati 2 lemari di kamarnya dalam keadaan berantakan.

“Pertama kali yang sadar akan adanya kehilangan itu saya. Karena setelah selesai tarawih saya ke kamar dan melihat laptop dan hp sudah tidak ada dengan keadaan 2 lemari acak-acakan,” ujarnya kepada Mitrapost.com.

Baca Juga :   Gerakan Parsel Mudik UMKM Rembang, Meriahkan Lebaran 2021

Adapun beberapa barang yang hilang antara lain, hp iPhone 7 Plus dan Asus Zenphone M1, 1 unit laptop Lenovo, dan uang tunai sebesar Rp600.000.

Baca juga: Mau Nikah, Sejoli di Aceh Kesandung Kasus Pencurian

Nur Fendi juga mengungkapkan, selang sehari setelah kasus tersebut terjadi di Ponpesnya, pada hari Jumat, (30/4/2021) beberapa santri di Ponpes Al Wahdah, Sumbergirang mengaku kehilangan sejumlah barang. Diduga pelaku adalah orang yang sama dengan yang mencuri di Ponpes Al Hidayat.

“Ada pengurus dari Al Wahdah yang memberitahu kami kalau pondoknya kemalingan, terjadi kira-kira waktu para santri sedang salat Jumat. 8 hp dikabarkan hilang,” bebernya.

Melengkapi keterangan santrinya, KH. Affan Martadi juga menjelaskan, kasus serupa sebenarnya sudah pernah terjadi sekitar 2 bulan lalu dan sempat dilaporkan ke Polsek Lasem. Namun karena pelaku tak kunjung ditemukan, maka pihaknya memasang CCTV guna melakukan pemantauan.

Baca Juga :   Pesiapan Pemkab Rembang dalam Menyambut HUT RI

“Perlu kami sampaikan bahwa sebelumnya kami pernah melaporkan kejadian serupa secara resmi dan normatif kepada pihak yang berwajib. Namun belum ada perkembangannya,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati