oleh

Makanan yang Seharusnya Dihindari Saat Menstruasi

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Nyeri haid kadang tak bisa terhindarkan. Bahkan rasa nyeri karena menstruasi ini membuat wanita tidak nyaman dalam menajalankan aktivitasnya sehari-hari, terlebih pada hari pertama dan kedua.

Nyeri haid ini disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri atau kram perut menjelang atau saat sedang haid dapat dilakukan dengan menghindari jenis makanan yang dapat memicu rasa nyeri semakin menjadi-jadi.

BPKAD Pati

Kafein

Dalam buku Prescription for Natural Cures, James F. Balch dan Mark Stengles menyebutkan makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan the bisa memperparah gejala-gejala yang biasa muncul saat menstruasi.

Baca Juga :   Selain Kelainan Mata, Kondisi Ini Juga Mengakibatkan Penglihatan Menjadi Kabur

Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa memperparah kram dan kembung saat menstruasi.

Baca  juga: Sejumlah Pantangan saat Haid, Minum Alkohol hingga Kafein

Garam

Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi dapat meningkatkan gejala kembung dan berkumpulnya cairan pada pembuluh darah.

Lemak

Jumlah prostaglandin yang meningkat saat mengonsumsi makanan berlemak dapat membuat dinding Rahim berkontraksi dan memicu gejala kram sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jenis makanan berlemak tinggi dipercaya meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh, sehingga saat menstruasi, kamu merasa nyeri pada payudara dan perut kembung.

Kandungan asam lemak jenuh tinggi seperti pada makanan cepat saji dapat mempengaruhi metabolisme progesteron dalam siklus menstruasi.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Sesak Napas Akibat Asam Lambung

Baca juga: Amalan Ibadah yang Boleh Dilakukan Saat Haid

Produk susu

Mengonsumsi makanan dan minuman olahan produk susu dapat memicu kram menstruasi. Hal ini karena produk susu biasanya mengandung asam arakidonat yang memicu kram.

Makanan kaleng dan olahan

Jenis makanan olahan dan makanan kaleng mengandung kadar sodium yang cukup tinggi yang membuat perut kembung saat menstruasi.

Selain itu makanan olahan yang mengandung lemak trans juga dapat memicu gejala sakit perut selama masa haid. Contoh makanan yang mengandung lemak trans adalah kentang goreng dan jenis cemilan gorengan lainnya. (*)

Baca juga: Mitos Pantangan Saat Menstruasi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Baca Juga :   5 Makanan Dipercaya Mampu Lancarkan Siklus Menstruasi

Redaktur: Ulfa PS

 

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait