Sejumlah Pantangan saat Haid, Minum Alkohol hingga Kafein

Mitrapost.com – Wanita mengalami siklus haid adalah sesuatu hal yang normal, dan setiap wanita memiliki kebiasaan yang berbeda. Saat haid ada yang merasakan sakit dibagian pinggul dan ada yang tidak, wanita yang sedang haid atau datang bulan menurut islam dilaranag untuk mengerjakan sholat, menyentuh mshaf, thawaf, puasa, dan berhubungan suami istri.

Ada juga pantangan yang tidak boleh dilakukan saat haid menurut ahli, karena bisa menganggu kesehatan tubuh.

Makan Makanan Yang Asin

Mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi menyebabkan perut kembung dan retensi air yang mengakibatkan haid semakin tidak nyaman.

Baca juga: Manfaat Pisang, Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Kesehatan Otak

Makan Makanan Berlemak

Jenis makanan ini akan membuat haidmu terasa berat, karena mengakibatkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini ditimbulkan oleh hormon estrogen dalam tubuh yang meningkat.

Baca Juga :   Tak Melulu Hamil, Berikut Penyebab Siklus Haid Tak Teratur

Meminum Alkohol

Akibat dari mengkonsumsi alkohol adalah menurukan kadar gula darah, hal ini mengakibatkan seseorang menjadi sensitif dan cepat marah, gelisah, kelelahan dan menyebabkan sakit kepala.

Mengkonsumsi Kafein

Kafein menyebebkan suli tidur (insomnia), memicu perasaan gelisah dan cemas, hal ini membuat mood menjadi hancur. Kafein juga mebuat rasa nyeri pada saat haid bertambah karena kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit, yaitu aliran darah ke organ reproduksi (rahim) semakin sedikit dan ujung-ujungnya membuat nyeri semakin parah.