oleh

Sejumlah Pantangan saat Haid, Minum Alkohol hingga Kafein

Mitrapost.com – Wanita mengalami siklus haid adalah sesuatu hal yang normal, dan setiap wanita memiliki kebiasaan yang berbeda. Saat haid ada yang merasakan sakit dibagian pinggul dan ada yang tidak, wanita yang sedang haid atau datang bulan menurut islam dilaranag untuk mengerjakan sholat, menyentuh mshaf, thawaf, puasa, dan berhubungan suami istri.

Ada juga pantangan yang tidak boleh dilakukan saat haid menurut ahli, karena bisa menganggu kesehatan tubuh.

Makan Makanan Yang Asin

Mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi menyebabkan perut kembung dan retensi air yang mengakibatkan haid semakin tidak nyaman.

Baca juga: Manfaat Pisang, Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Kesehatan Otak

Makan Makanan Berlemak

Jenis makanan ini akan membuat haidmu terasa berat, karena mengakibatkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini ditimbulkan oleh hormon estrogen dalam tubuh yang meningkat.

Meminum Alkohol

Akibat dari mengkonsumsi alkohol adalah menurukan kadar gula darah, hal ini mengakibatkan seseorang menjadi sensitif dan cepat marah, gelisah, kelelahan dan menyebabkan sakit kepala.

Mengkonsumsi Kafein

Kafein menyebebkan suli tidur (insomnia), memicu perasaan gelisah dan cemas, hal ini membuat mood menjadi hancur. Kafein juga mebuat rasa nyeri pada saat haid bertambah karena kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit, yaitu aliran darah ke organ reproduksi (rahim) semakin sedikit dan ujung-ujungnya membuat nyeri semakin parah.

Baca juga: Manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh

Jarang Mengganti Pembalut

Darah haid adalah darah kotor yang dikeluarkan oleh tubuh, darah haid dapat menyebabkan bau busuk dan berisiko mengakibatkan ruam kulit dan infeksi jika dibiarkan terlalu lama. Selain menyebabkan infeksi pembalut yang sudah penuh akan menyebabkan kebocoran, tentu kita tidak ingin ada bercak darah yang menembus keluar saat beraktivtas bukan?

Begadang

Setiap orang membutuhkan istirahat supaya tubuh dan pikirannya kembali fresh dan memulihkan energi. tidur yang kurang menyebabkan meningkatnya hormon stres kortisol (meningkatkan tekanan darah serta kadar glukosa darah, yang kemudian memicu diabetes) hal ini, memicu ketidak seimbangan hormon dan menyebabkan rasa sakit pada saat haid semakin tinggi.

Merokok

Rokok adalah salah satu zat adiktif yang bila digunakan mengakibatkan bahaya bagi kesehatan individu dan masyarakat tak hanya itu merokok dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan dalam pembuluh darah. Wanita perokok cenderung mengalami kram haid yang lebih menyakitkan daripada wanita yang tidak merokok.

Larangan-larangan ini sangat mempengaruhi kesehatan saat haid, sebaiknya patuhi agara menstruasi berjalan lebih nyaman lagi, salam sehat dari kami.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait