Beragam Jenis Teh Herbal dan Manfaat bagi Kesehatan

Mitrapost.com – Teh herbal adalah pilihan minuman  yang memiliki rasa dan aroma yang unik. Selain enak, teh herbal dipercaya sebagai minuman yang telah dikonsumsi sejak ratusan tahun lalu sebagai obat tradisional.

Teh herbal sebenarnya sama sekali tidak terbuat dari daun teh. Teh herbal adalah campuran rempah-rempah, bunga, daun, buah, atau akar tumbuhan yang dikeringkan. Meski begitu, rasa teh herbal juga tak kalah nikmat dengan teh biasa.

Baca juga: Rasa Asam Teh Herbal Rosela dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Dikutip dari alodokter.com, terdapat beberapa jenis teh herbal yang telah lama digunakan untuk menjaga Kesehatan, diantaranya:

  1. Teh adas

Secara tradisional, biji adas digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan sembelit. Meski begitu, berbagai manfaat teh herbal adas tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Baca Juga :   Merasa Ngantuk Usai Makan, Ini Sebabnya

Untuk membuat teh adas, kamu bisa menyeduh 1-2 sendok teh biji adas yang sudah dihaluskan dengan satu gelas air hangat, diamkan selama 10-15 menit sebelum diminum.

  1. Teh ginseng

Gingseng yang banyak dikonsumsi di Korea kini juga popular dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh ginseng diduga dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, serta menghambat terbentuknya gumpalan atau plak di pembuluh darah.

Baca juga: Ujian Sekolah di SD Ampel, Manfaatkan Teknologi Android

  1. Teh jahe

Teh jahe kaya akan antioksidan yang membantu menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Teh jahe juga dikenal efektif mengatasi mual, terutama mual karena mabuk perjalanan, morning sickness, atau efek samping pengobatan kanker.

Baca Juga :   Anjuran Menu Puasa untuk Ibu Hamil Selama Seminggu

Tak hanya itu, jahe pun diduga dapat meredakan sembelit dan nyeri haid, serta mencegah tukak lambung.

  1. Teh kamomil (chamomile)

Teh kamomil banyak disukai karena aromanya yang khas dan menenangkan. Secara tradisional, teh  ini sering digunakan untuk meredakan rasa cemas dan membantu tidur nyenyak.

Baca juga: Perajin Kriya Jateng Didorong Manfaatkan Teknologi Virtual

Tak hanya itu, teh kamomil banyak mengandung zat antiradang dan antioksidan yang mampu mengurangi nyeri dan mengatur kestabilan kadar gula darah.

  1. Teh kunyit

Meski belum ada bukti secara ilmiah, kunyit telah banyak digunakan untuk mencegah kembung dan mengobati batu ginjal. Studi pada hewan menunjukkan bahwa kunyit dapat mencegah kanker dan mengurangi peradangan. Sayangnya, penelitian mengenai manfaat tersebut belum dilakukan kepada manusia.

Komentar