Puncak Arus Mudik, Ganjar Minta Pengetatan di Jalur Tikus

Brebes, Mitrapost.com Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta para petugas keamanan mewaspadai jalu-jalur tikus dalam mengantisipasi pemudik.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat mendampingi Wakil Bupati, Kapolres, Dandim Kabupaten Brebes dalam memastikan pengetatan larangan mudik di pintu masuk utama Jawa Tengah via darat, yakni exit tol Pejagan dan perbatasan Kecipir, Losari Brebes, Selasa (4/5/2021).

Seluruh pintu masuk ke Jawa Tengah, lanjut Ganjar, harus dijaga secara berlapis-lapis untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dari luar daerah. Pasalnya prediksi puncak arus mudik akan terjadi hingga Rabu (5/5/2021) jelang pemberlakuan larangan mudik 6-17 Mei mendatang..

“Saya minta Pemkab mewaspadai dan menjaga jalur tikus, jalur jangkrik bahkan jalur cacing. Nanti kami siapkan dukungan tes antigen agar yang melintas bisa dites,” tegasnya.

Baca Juga :   Penyekatan di Perbatasan Cepu-Jatim, 1 Warga Positif

Baca juga: Fokus 3T, Polres Pati Tak Minta Pemudik Putar Balik

Ganjar juga meminta petugas kepolisian mengantisipasi modus-modus masyarakat seperti menggunakan kendaraan plat merah, mobil boks bermuatan barang dan modus lainnya.

“Ini harus diantisipasi, kita mesti menjaga betul. Tahun lalu saja, mudik dilarang tetap ada kebocoran, jumlahnya sekitar 1 juta orang. Tahun ini mudah-mudahan aman, sampai kemarin baru 3.800 orang yang datang. Maka, saya mengharapkan dukungan masyarakat untuk menjaga kesehatan semuanya dengan tidak mudik dulu,” ucapnya.

Baca juga: ;Tempat Wisata Rembang Tutup Saat Lebaran, Para Pengelola Kelabakan

Melihat hasil pantauan penyekatan di Brebes, Ganjar menilai model yang digunakan sudah baik. Semua kendaraan dari Jakarta diperiksa kelengkapannya oleh petugas.

Baca Juga :   Lima Daerah di Jateng Jadi Pelanggar Protokol Kesehatan Terbanyak

“Alurnya sudah bagus, jadi kalau ketahuan ada yang melanggar langsung diminta putar balik. Saya juga meminta Bupati/Wali Kota mengajak seluruh Kades menggerakkan kembali Jogo Tonggo, kalau ada pemudik yang nekat,” pungkas Ganjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati