Efek Samping Timun, Mengandung Senyawa Racun

Mitrapost.com Di Indonesia, timun kerap dijadikan pendamping makanan serta menjadi bahan minuman hingga dimanfaatkan sebagai masker wajah. Bahkan dari segi kesehatan, timun memiliki banyak manfaat. Mulai dari menambah hidrasi tubuh hingga mengurangi kadar gula dalam darah.

Sayangnya, timun juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai jika terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Melansir laman Sehatq, ada beberapa bahaya atau efek samping dari mengonsumsi timun:

Mengganggu pembekuan darah

Mentimun mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Ketika mengonsumsi timun dalam porsi yang banyak, proses pembekuan darah di dalam tubuh dapat terganggu akibat kadar vitamin K yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Terlebih jika pada saat yang sama juga sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah seperti warfarin, maka lebih baik tidak mengonsumsi timun dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga :   Angka Pengerdilan Anak Sempat Tinggi, 12 Desa di Pati Jadi Perhatian

Baca juga: Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh

Mengandung senyawa beracun

Kandungan mentimun, seperti cucurbitacin dan tetracylic triterpenoid, dapat menimbulkan efek racun di dalam tubuh. Kedua senyawa inilah yang memberikan sedikit rasa pahit ketika mengonsumsi mentimun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati