5 Cara Mencegah Kadar Gula Darah Rendah

Mitrapost.com – Gula darah atau hipoglikemia adalah kondisi Ketika kadar gula darah di tubuh dalam bawah kadar normal. Hal ini akan membuat otot dan sel-sel pada otak kekurangan energi sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal.

Gula darah rendah dapat terjadi pada seseorang yang belum makan selama beberapa jam. Akan tetapi, gula darah rendah lebih sering terjadi pada orang-orang dengan diabetes. Risiko penurunan gula darah akan lebih besar pada penderita diabetes yang berolahraga lebih berat daripada biasanya, makan lebih sedikit daripada biasanya atau menjalani diet yang terlalu ketat, dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca juga: Beragam Jenis Teh Herbal dan Manfaat bagi Kesehatan

Baca Juga :   Terlalu Banyak Asupan Garam Berdampak Pada Jantung Hingga Sulit Tidur

Dilansir dari alodokter.com, penderita diabetes yang ingin menghindari gula darah rendah, dapat melakukan cara berikut:

  1. Memeriksa kadar gula darah secara teratur

Rajin-rajinlah memeriksa kadar gula darah sesuai anjuran dari dokter. Kamu dapat melakukan pemeriksaan gula darah sendiri menggunakan glukometer (alat pengukur gula darah) di rumah.

  1. Mengatur pola makan yang teratur

Usahakan untuk mengatur jadwal makan menjadi tiga kali makan besar yang diselingi dengan makanan ringan. Atur jadwal makan agar berselang empat atau lima jam sekali, dan jangan pernah melewatkan waktu makan. Jangan lupa juga untuk mengganti kalori yang terbuang apabila merasa telah beraktivitas lebih banyak daripada biasanya.

  1. Pilih menu makanan seimbang

Konsumsi menu makan seimbang dapat membantu mencegah dari kondisi gula darah rendah. Pastikan untuk mencukupi asupan protein, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang kedelai, atau tahu dan tempe, dalam menu makanan.