Harga Pakan Mahal, Minat Peternak Ayam Layer Menurun

Pati, Mitrapost.com – Populasi ayam layer atau ayam petelur di Kabupaten Pati mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena berkurangnya minat peternak ayam layer.

Jumlah populasi ayam layer mencapai 318.612 ekor di tahun 2020. Sementara jumlah populasi ayam layer pada tahun ini diproyeksikan mencapai 310.567 ekor.

Selain itu, pada 2019 terdapat 393 peternak ayam layer. Sedangkan angka ini mengalami penurunan pada 2020, dimana hanya 375 orang. Sehingga, diprediksi jumlah peternak ayam layer mengalami penurunan di 2021.

Menurut Petugas Data Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Suryono, kondisi yang menyebabkan turunnya minat masyarakat dalam usaha beternak ayam layer. Hal ini ditengarai oleh tingginya harga pakan ayam petelur.

Baca Juga :   Berbagai Stakeholder Support Pemasaran Beras Organik Gapoktan Usaha Jaya

Baca juga: Sinkronisasi Data Produksi Peternakan Ditarget Tuntas Bulan Juni

“Harga pakan ayam petelur yang mahal menjadi faktor utama,” tegas Suryono saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (11/5/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati