Petani Porang Pati Butuh Dukungan Modal

Pati, Mitrapost.com – Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, akan membuka 100.000 hektare lahan budidaya tanaman porang pada 2021. Hal tersebut direspons positif oleh Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Gunawan saat dihubungi Mitrapost.com, Jumat (21/5/2021).

Ia mengatakan jika langkah Pemerintah Pusat dalam meningkatkan produktivitas tanaman porang adalah langkah yang tepat. Pasalnya, tanaman porang sedang berada di tahap pengembangan menuju ekspor.

Namun, Gunawan juga berpendapat bahwa Pemerintah Pusat semestinya perlu memberi dukungan modal kepada petani porang di desa-desa. Menurutnya, harga bibit yang mahal menyebabkan petani masih kesulitan menjangkau bibit tanaman fenomenal tersebut.

Baca juga: Dispertan Genjot Budidaya Porang di Pati

Baca Juga :   News Grafis : Gapoktan Usaha Jaya Siap Berbagi Ilmu

“Perlu ada kebijakan yang mempermudah petani untuk mendapat bibit porang. Karena selama ini bibit porang harganya mahal,” ujarnya.

“Petani porang perlu adanya dukungan modal dari pemerintah,” imbuh Gunawan saat diwawancarai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati