oleh

Gejala Awal Diabetes yang Tak Disadari

Mitrapost.com Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah diabetes. Terlebih bagi individu yang abai dengan asupan makanan dan senang mengonsumsi makanan manis. Sebab tak sedikit orang yang tidak mengenali gejalanya, atau terlambat mengetahui dirinya mengalami diabetes.

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit kronis yang ditandai berupa tingginya kadar gula dalam darah. Meskipun gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi tubuh namun glukosa yang berlebih dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Secara umum, penyakit diabetes terbagi dalam tipe satu dan tipe dua. Keduanya memiliki dampak yang tidak baik.

Melansir Alodokter, diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan pankreas yang memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, hasilnya tubuh mengalami resistensi.

Baca Juga :   Perhatikan Asupan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes

Sementara itu melansir Detik Health, dr Dante Saksono H menjelaskan sejumlah gejala atau ciri-ciri seseorang mengalami diabetes.

Baca juga: Mitos Seputar Diabetes yang Perlu Diketahui

Sering buang air kecil

Semakin tinggi kadar glukosa dalam darah membuat seseorang akan sering buang air kecil. Jika hormone insulin yang mengendalikan gula darah hanya sedikit atau bahkan tidak ada maka ginjal tidak dapat menyaring glukosa kembali ke dalam darah.

Ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hasilnya kandung kemih penuh dan mengakibatkan seseorang sering pipis.

Sering merasa haus

Lantaran tubuh sering mengeluarkan air seni, maka tubuh juga bereaksi dengan merasakan sering haus. Hal ini karena air dalam darah tersedot untuk menghancurkan glukosa. Selain itu, rasa haus yang dirasakan penderita diabetes tak kunjung hilang walaupun sudah minum banyak.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, Ganjar Minta Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Tak Kelayapan

Baca juga: Waspada Bahaya Sering Konsumsi Minuman dan Makanan Manis Saat Hamil

Gampang kelelahan

Pada penderita diabetes, produksi glukosa yang seharusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk menjadi energi terhambat. Hal ini membuat sel energi tidak mendapat asupan sehingga membuat orang penderita diabetes cepat lelah.

Gangguan penglihatan

Gejala awal diabetes juga ditandai dengan berkurangnya fungsi penglihatan. Meskipun penglihatan manusia mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, namun keluhan seperti penglihatan kabur, buram, atau keruh sejak usia muda perlu diwaspadai.

Neuropati

Gejala neuropati atau kesemutan di kaki dan tangan juga menjadi salah satu gejala diabetes. Hal ini bisa dialami sewaktu-waktu dan secara bertahap karena glukosa dalam darah yang tinggi akan merusak sistem saraf. (*)

Baca Juga :   Putihkan Gigi Secara Alami Tanpa Efek Samping

Baca juga: Segarnya Minuman Bersoda dan Manfaat di Dalamnya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait