Kenali Manfaat dan Risiko Konsumsi Jamur

Mitrapost.com– Jamur menjadi menu makanan yang nikmat dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Namun, tidak semua jenis jamur dapat dikonsumsi. Beberapa yang aman untuk dimakan adalah jamur tiram, jamur kancing, dan shiitake.

Selain rasanya yang enak, penelitian juga menyebutkan bahwa jamur memiliki manfaat antiradang, antivirus, antibakteri, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamur juga kaya akan protein, serat, vitamin, dan juga mineral. Selain itu, juga mengandung antioksidan, selenium, polisakarida, dan juga vitamin D2.

Beberapa manfaat jamur diantaranya

Baca Juga: Kaldu Jamur Solusi Sehat Pengganti Micin

  1. Perkuat kekebalan tubuh

Salah satu jamur yang dapat digunakan untuk perkuat kekebalan tubuh adalah jamur Shiitake, yang dapat membantu melawan virus dan memperkuat kekebalan dari infeksi akibat jamur atau bakteri.

Baca Juga :   Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

Hal ini dikarenakan adanya kandungan beta-glukan di dalamnya, yang merupakan salah satu unsur yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Menghambat pertumbuhan kanker

Kandungan antioksidan di dalamnya, mampu membersihkan tubuh dari paparan radikal bebas, yang berpotensi menimbulkan kanker.

Selain itu, kandungan beta-glukan juga digunakan menjadi salah satu perawatan untuk kemoterapi, yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Vitamin D yang tersimpan di dalamnya juga terbukti mencegah pertumbuhan sel kanker, serta berperan dalam perbagian DNA.

Baca Juga: Kaldu Jamur Solusi Sehat Pengganti Micin

  1. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian terhadap orang obesitas menunjukkan bahwa konsumsi jamur selama 3 kali seminggu, dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 8 persen.

Baca Juga :   Ini Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Acar

Selain itu juga mampu mengurangil trigliserida sebanyak 15 persen dan juga menurunkan berat badan sebanyak 3,6 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati