Memanggang Atau Menggoreng, Lebih Sehat yang Mana?

Mitrapost.com – Beragam cara dapat digunakan untuk menyajikan makanan. Diantaranya, merebus, mengukus, menggoreng atau memanggang. Lantas, cara manakah yang paling sehat?

Setiap cara pengolahan mekanan menghasilkan tekstur yang berbeda-beda. Hal ini juga mempengaruhi cita rasa masakan. Seperti dengan cara menggoreng akan menghasilkan masakan yang gurih dan renyah. Cara ini menjadi Teknik masak favorit yang dipakai kebanyakan orang.

Namun, jika berbicara kesehatan, memasak dengan cara dipanggang lebih sehat jika dibandingkan dengan cara digoreng. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasannya.

Baca juga: Sedap untuk Bahan Masakan, Ini Dia Khasiat Belimbing Wuluh

  1. Makanan menyerap banyak lemak saat digoreng

Makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak, sekalipun makanan yang dimasak rendah lemak. Hal ini terjadi akibat kandungan minyak yang digunakan untuk memasak.

Baca Juga :   Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Kafein

Dampaknya, makanan yang digoreng memiliki kalori yang lebih tinggi dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Tak hanya itu, makanna yang digoreng juga berisiko menghambat peredaran darah karena lemak yang dikandungnya menyumbat pembuluh darah.

  1. Makanan mempertahankan lebih banyak vitamin saat dipanggang

Daging maupun sayuran yang dipanggang cenderung memiliki vitamin yang lebih besar. Misalnya, kandungan riboflamin dan tiamin yang merupakan vitamin penting yang dapat dijumpai di dalam daging ketika dipanggang.

Baca juga: Kuliner Sate Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia

  1. Makanan yang dipanggang mengandung lebih sedikit lemak

Berbeda ketika menggoreng, saat memanggang lemak yang terkandung dalam daging diekstraksi. Hal ini bisa mengurangi minyak yang terkandung dalam bahan makanan yang sedang diolah.

Baca Juga :   Waktu Terbaik Konsumsi Cuka Apel, Pagi Ataukah Malam?

Memanggang akan membuat lemak dari makanan mencair dan menetes ke bawah. Sehingga, kadar kalori dalam makanan yang dipanggang cenderung lebih rendah.

  1. Makanan panggangan ramah gigi dan gusi

Biasanya, daging yang dibakar cenderung lebih empuk ketimbang digoreng.

Meskipun begitu, perlu diperhatikan juga cara memanggang yang benar. Pasalnya, bak dua mata pisau, proses pemanggangan juga dapat menimbulkan pembentukan senyawa karsinoken yang bisa picu kanker.

Memanggang makanan terlalu lama dalam suhu yang terlalu panas dapat memicu pembentukan beberapa senyawa yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker, yaitu polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs).