Hindari 5 Makanan Penyebab Keputihan

Mitrapost.com Ladies, tentu pernah dong mengalami keputihan. Meski kadang membuat khawatir dan tidak nyaman, rupanya keputihan adalah hal normal khususnya bagi perempuan yang sudah mengalami menstruasi. Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan.

Melansir laman Alo Dokter, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher Rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri sehingga tetap terlinddung dari infeksi.

Meski merupakan siklus normal tubuh, namun mencegah agar keputihan tidak mengganggu kenyamanan juga bisa dilakukan dengan menghindari makanan berikut ini:

Mentimun

Mentimun diketahui dapat berisiko membuat keputihan menjadi banyak. Hal ini karena mentimun memiliki kandungan zat dan senyawa yang dapat memproduksi hormone esterogen meningkat.

Baca Juga :   Tak Hanya Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ampuh Meredam Stres

Jika produksi hormon esterogen semakin banyak, maka produksi lendir yang keluar dari vagina juga semakin banyak.

Baca juga: Tak Hanya Mirip Organ Manusia, Buah dan Sayur Ini Kaya Manfaat

Telur

Telur yang memiliki tinggi kandungan protein dan kalori juga dapat membuat jumlah keputihan meningkat jika dikonsumsi secara berlebihan. Ada baiknya tidak mengonsumsi lebih dari empat butir telur dalam sehari.

Nanas

Buah nanas selain tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil, rupanya juga dapat berdampak tak menyenangkan bagi perempuan yang mengalami keputihan. Sebab, buah berwarna kuning ini dapat memicu lendir keputihan keluar dengan banyak.