Jenis Minuman yang Bisa Mengatasi Nyeri Haid

Mitrapost.com Dismenore atau kram menstruasi adalah kondisi nyeri yang berdenyut atau kram di perut bagian bawah. Sebagian wanita mengalami kondisi ini baik sebelum dan selama periode menstruasi.

Ketidaknyamanan ini ada yang bisa sangat mengganggu hingga membuat wanita tak kuasa melakukan aktivitas jika terlalu parah. Nyeri haid biasanya dimulai pada 1 hingga 3 hari sebelum haid dan memuncak 24 jam setelah haid dan mereda dalam 2 hingga tiga hari. Terkadang rasa nyeri juga menjalar hingga ke punggung dan paha bagian bawah.

Namun, kram perut saat menstruasi cenderung berkurang seiring bertambahnya usia dan semakin membaik setelah melahirkan.

Meski demikian, rasa nyeri haid bisa sedikit diredakan dengan beberapa jenis minuman herbal. Berikut ini jenis-jenis minuman yang dapat membantu meredakan nyeri haid sperti disebutkan dalam laman Halodoc:

Baca Juga :   Soda Bisa Percepat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Baca juga: Air Putih Ternyata Bukan Minuman Terbaik untuk Menghidrasi Tubuh

Air putih

Mengonsumsi air putih saat sedang menstruasi adalah hal penting. Sebab asupan cairan ke dalam tubuh akan membantu menghidrasi tubuh sehingga terhindar dari pusing akibat dehidrasi. Selain itu air putih juga membantu melancarkan aliran darah sehingga baik untuk membantu mengatasi kram perut.

Teh peppermint

Rutin mengonsumsi teh peppermint dipercaya dapat membantu mengatasi gejala kram, kelelahan, hingga diare yang mungkin muncul pada saat menstruasi.

Jus buah

Mengonsumsi jenis buah-buahan yang kaya kandungan air dapat membantu tubuh lebih nyaman dan meredakan gejala nyeri haid. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi jus buah yang mengandung gula alami juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan manis tubuh dengan aman. Cobalah mengonsumsi semangka, timun, atau buah pir yang memiliki banyak kandungan air.