Dua Tugas Pokok Konstratani Belum Berjalan Optimal

Pati, Mitrapost.com – Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Konstratani) di Pati memiliki peran penting dalam pembangunan pertanian dan ketersediaan pangan di daerah.

Konstratani adalah gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan dengan mengoptimalkan peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Sudiyanto selaku Penyuluh Petani Lapangan Kelompok Jabatan Fungsional (PPL KJF) Kabupaten Pati sebagai pelaku gerakan Konstratani mengatakan pada enam tugas dalam kegiatan kostratani ada dua poin yang masih belum bisa berjalan.

Baca juga: Mengenal Konstratani Dispertan Kabupaten Pati

Satu diantaranya ialah tugas BPP Kecamatan untuk membantu para petani menjual hasil panennya. Hal ini disebabkan kelembagaan atau kelompok pertanian di Pati masih belum populer sehingga sulit jalin koordinasi.

Baca Juga :   Video : Dispertan Pati Serahkan Bantuan Alat Transportasi Bagi Petani Tembakau

“Di agribisnis ini kendala kita. Karena petani kita masih sifatnya individual belum ke arah KEP (Kelembagaan Ekonomi Petani) yang murni dalam. Karena hal ini kita berharap kegiatan-kegiatan agrisbisnis yang kita kenalkan berjalan. Karena harapan pemerintah dengan adanya KEP ini mengarah kepada produktivitas petani,” kata Sudiyanto, Rabu (2/6/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati