oleh

Klaster Sekolah, 33 Guru di Pekalongan Positif Covid-19

Pekalongan, Mitrapost.com – Muncul klaster Covid-19 di salah satu sekolah menengah atas (SMA) di Pekalongan, Jawa Tengah. Hingga kini, diketahui sebanyak 33 guru dinyatakan positif Covid-19.

Menurut keterangan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto mengatakan, penularan di SMA terjadi setelah ada seorang guru yang tetap pergi ke sekolah meski sedang demam.

Bpkad Pati

“Awal infonya, seorang guru sakit atau gejala panas. Kepala sekolah setempat menyayangkan hal tersebut, kenapa sudah tahu sakit kok tetap masuk,” kata Slamet saat ditemui di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Video : Terjadi Ledakan Kasus Covid-19 di Wedarijaksa, 2 Fasilitas Kesehatan di Lockdown

Berdasarkan penuturan Slamet, guru tersebut memaksakan diri untuk tetap mengajar karena masih berstatus honorer.

Baca Juga :   7 Sekolah di Jateng Bakal Gelar Belajar Tatap Muka, Ini Peringatan Ganjar

Guru tersbeut diketahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab. Penelusuran kontak erat pun dilakukan.

“Karena guru tersebut masuk (pergi ke sekolah), akhirnya tiga orang guru yang kontak erat di-swab dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian tujuh orang di-swab lagi pada tanggal 28 Mei dan 1 positif,” papar Slamet.

Setelah ada 58 guru di sekolah itu diperiksa, ternyata ada 33 orang yang terinfeksi Covid-19. Saat ini, guru-guru itu masih dalam pantauan Dinas Kesehatan Pekalongan.

Ia melanjutkan, guru yang lingkungan tinggalnya tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri bakal dipindahkan ke pusat isolasi pasien Covid-19 milik Pemerintah Kota Pekalongan.

Baca juga: News Grafis : Angka Covid-19 di Pati Meningkat

Baca Juga :   Ibu Hamil dan Anak Boleh Divaksin, Bupati Pati Tunggu Pedoman

Slamet tidak menampik adanya kemungkinan jumlah orang yang terjangkit Covid-19 dari klaster ini bakal bertambah. Pasalnya, masih ada beberapa guru di sekolah itu yang belum diperiksa.

Selain itu, Slamet mengungkapkan, beberapa guru dalam klaster penularan ini sudah divaksin untuk dosis pertama. Mereka sebenarnya dijadwalkan untuk mendapatkan dosis kedua pada 5 Juni 2021. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Muncul Klaster Sekolah di Pekalongan, 33 Guru Positif Covid-19”

Baca juga:

Baca Juga :   Uji Coba KBM Tatap Muka SMPN 1 Sluke, Gus Hanies Beri Sejumlah Catatan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait