Video : Pengetahuan Olah Lahan Masih Rendah, SL-IPDMIP Jadi Solusi

Pati, Mitrapost.com – Masih rendahnya wawasan maupun pengetahuan tentang olah lahan menjadi permasalahan klasik yang dialami petani di Kabupaten Pati.

Hal tersebut diungkapkan oleh Petugas Analisis Lahan Pertanian Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Suharto kepada Mitrapost.com, Selasa (9/6/2021).

Menurutnya, petani perlu diajarkan tentang cara mengolah lahan persawahan dengan baik. Melalui Sekolah Lapang (SL) Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) mampu meningkatkan pengetahuan serta wawasan petani.

Suharto mengungkapkan jika ke depan perlu adanya upaya ketahanan pangan yang perlu dirancang dengan sistematik. Sehingga SL bukan hanya sekedar program melainkan project yang harus ditindaklanjuti.

“Harus ada upaya menjaga lahan untuk tetap produktif. Akibat maraknya pemakaian pupuk kimia dan pestisida sintetis menyebabkan kandungan lahan menjadi rusak,” ungkapnya

Baca Juga :   Video : Kemenag Rembang Mengimbau Masjid Penuhi Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Ia menganggap jika petani di Kabupaten Pati masih melakukan cara budidaya konvensional. Dari cara tersebut, mereka memperoleh hasil yang bagus. Akan tetapi, petani dihadapkan pada kerusakan kandungan lahan yang cukup tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati