oleh

258 Narapidana Lapas Pati Akan Terima Vaksinasi Dosis Pertama Juli Ini

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 258 narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati akan diikutkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi harapan mampu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Krismiyanto Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Pati mengatakan vaksinasi paling cepat dilaksanakan Bulan Juli ini. Penyuntikan vaksin akan dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polres Pati.

Bpkad Pati

“Sebelumnya semua pegawai (Lapas Pati) sudah divaksin. Kita sudah bekerja sama dengan Dokkes Pati. setelah itu kita akan melaksanakan vaksin untuk Narapidana. Jadwalnya menunggu kemungkinan besar bulan ini,”kata Kris kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Jumat (23/7/2021).

Kris menambahkan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Lapas harus dipercepat lantaran sebelumnya lima Napi terkonfirmasi terpapar virus Corona saat dilakukan Swab Antigen.

Baca Juga :   Antisipasi Masyarakat Tolak Vaksin, Ganjar : Gencar Sosialisasi

“Kemarin ada bekerjasama dengan pihak DKK untuk antigen dengan warga binaan 50 orang. Ternyata ada positif 5. Yang 1 ke rumah sakit, 4 isolasi mandiri negatif. yang di RS sudah ditarik sudah negatif dan sehat kembali. Rencana semua setelah ini divaksin,” imbuhnya.

Sebelum divaksin, untuk menekan angka penyebaran virus corona, petugas Lapas melakukan beberapa tindakan preventif. Diantaranya setiap 2 hari sekali ruang tahanan disemprot disinfektan, para Napi diberi vitamin untuk menambah imun tubuh. Juga secara berkala para Napi di Swab Antigen untuk mendeteksi mana saja para Napi yang terpapar virus Covid-19.

Juga untuk menghindari kontak fisik dengan dunia luar, sejak awal pandemi Lapas Pati belum membuka program kunjungan untuk keluarga tahanan. “Hanya lewat titipan barang saja. Keluarga kita fasilitasi dengan video call,” tambahnya.

Baca Juga :   Tinjau Vaksinasi di Surakarta, Kapolri: Tetap Laksanakan 5M

Kris menyebutkan, per tanggal 23 Juli 2021 Lapas Kelas II B Pati menampung 346 orang, yang terdiri dari 258 orang narapidana dan 88 orang tahanan. Vaksinasi untuk warga Lapas hanya diberlakukan untuk golongan Narapidana karena tahanan belum menjadi tanggung jawab lembaga Lapas.(*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait