Manfaat dan Risiko Mengkonsumsi Santan

Mitrapost.com – Banyak hidangan Lebaran yang menggunakan santan. Di antaranya adalah opor ayam maupun rendang.

Pada momen tersebut biasanya beberapa orang mewanti-wanti untuk tidak terlalu banyak memakan makanan bersantan. Sebab, santan kerap dianggap sebagai penyebab kolesterol tinggi dan peningkatan berat badan.

Meski demikian, santan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat santan yang dapat diperoleh saat mengkonsumsinya.

  1. Penurunan berat badan

Santan mengandung trigliserida rantai menengah (MCT), yang oleh para peneliti dikaitkan dengan penurunan berat badan. MCT merangsang energi melalui proses yang disebut thermogenesis atau produksi panas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa MCT bekerja untuk mengurangi berat badan dan mengecilkan ukuran pinggang. MCT juga dapat menyeimbangkan mikrobiota usus yang tidak stabil. Kurangnya stabilitas ini mungkin memainkan peran dalam mengembangkan obesitas.

Baca Juga :   Bahaya Terselubung dari Kepuasan Kebiasaan Menggigit Kuku

Studi tahun 2015 pada pria yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi MCT saat sarapan menyebabkan berkurangnya asupan makanan di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati