Stok Kosong, Vaksinasi untuk Pencairan Bansos Ditunda

Pati, Mitrapost.com – Lantaran vaksin masih kosong di Kabupaten Pati, vaksinasi untuk pencairan bantuan sosial (Bansos) ditunda terlebih dahulu. Keluarga penerima manfaat (KPM) diperkenankan mencairkan bansos meskipun belum mempunyai kartu vaksinasi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mewajibkan KPM yang ingin mencairkan bansos untuk menunjukkan kartu vaksinasi terlebih dahulu. Bila belum mampu menunjukkannya, KPM diminta mengikuti vaksinasi.

Bupati Pati, Haryanto mengatakan ada beberapa bansos untuk masyarakat pada masa pendemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat. Bansos itu di antaranya PKH, BLT, BST, BPUM dan berbagai bantuan lainnya.

“Kalau bantuan sosial (bansos) ini kita. Kan ada beberapa ya kalau dari dandim ini ditangani pak Dandim dan Kapolres. Yang jelas jangan sampai tumpukan dengan PKH, BLT, BST kemudian BPUM dan bantuan beras TNI/Polri,” ujar Haryanto dalam Rapat Koordinasi menyikapi perpanjangan PPKM level empat di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (26/7/2021).