Cara Penting Menjaga Kesehatan Seksual dan Organ Reproduksi pada Remaja

Mitrapost.com – Menjaga organ reproduksi dan kesehatan seksual penting bagi perempuan, termasuk para remaja. Meskipun, masih dianggap tabu namun Ibu penting untuk mengajarkan hal ini kepada sang anak yang menginjak usia remaja.

Pengetahuan tentang perubahan yang terjadi secara fisik saat pubertas perlu diketahui oleh remaja. Karena hal ini berkaitan dengan kesehatan organ reproduksinya.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu dikenalkan anak untuk merawat organ reproduksi.

  1. Mengganti Celana Dalam dengan Sering

Saat menggunakan celana dalam, pilihlah yang menggunakan bahan katun. Dari Healthline, celana dalam berbahan katun memiliki daya serap yang baik dan juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mencegah vagina dari infeksi jamur.

Baca Juga :   Sunnah Jumat, Dekatkan Diri kepada Rasul dengan Membaca Selawat Badar

Umumnya, celana dalam bisa diganti selama dua kali dalam sehari setelah dipakai. Akan tetapi, jika mengalami keputihan dan terasa lembap, ganti lah celana dalam yang sudah dipakai dengan yang bersih agar bakteri tidak menumpuk.

  1. Mandi Teratur dan Bersih

Tekankan pada anak untuk mandi setiap hari. Selain itu, ajari anak remajamu untuk membersihkan ketiak dan area genitalnya. Saat pubertas, kelenjar keringat akan lebih aktif dari sebelumnya. Hal ini menyebabkan tubuh memiliki bau yang lebih kuat.