oleh

Penutupan Pelayanan Daftar Haji Diperpanjang Hingga PPKM Level 4 Berakhir

Pati, Mitrapost.com – Penutupan pendaftaran haji di Kemenag Pati diperpanjang seiring dilanjutkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 oleh Pemerintah Kabupaten.

Kebijakan ini masih mengacu pada Surat Edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI nomor 05001/DJ.11/Dt.11.11/HK.00.7/07/2021 tentang Pelayanan dan Pembatalan Haji Reguler pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Wilayah Jawa-Bali pada Masa PPKM Darurat.

Bpkad Pati

Abdul Hamid, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan UmrAh Kantor Kemenag Pati belum bisa memastikan kapan kantor Kemenag Pati akan dibuka kembali.

Pemerintah pusat juga belum lama ini memblokir sistem pendaftaran haji lantaran situasi pandemi Covid-19 di Indonesia belum terkendali.

“Pelayanana haji selama PPKM Darurat kami dilarang melakukan layanan tatap muka. Jadi kami hanya bisa layanan online. Pendaftaran juga tidak bisa karena sistem diblokir dari pusat,” kata Abdul Hamid melalui sambungan telePon, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga :   Pemerintah Pati Larang ASN Mudik Lebaran

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerumunan di lingkungan Kantor Kemenag di seluruh Indonesia. Tak hanya pelayanan haji, sejak PPKM Darurat seluruh pegawai Kemenag WFH.

Kendati demikian, Kemenag masih memberikan layanan secara online terkait pembinaan, pelimpahan nomor porsi, dan pembatalan haji.

“Asal berkas sudah lengkap bisa dititipkan security kantor, agar bisa diserahkan di teman-teman saya di bagian seksi haji,” imbuh Hamid.

Sesuai yang diumumkan Presiden 25 Juli, perpanjangan PPKM level 4 dilakukan hingga 2 Agustus. Ia berharap setelah 3 Agustus pelayanan bisa dilakukan seperti semula meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hamid juga menyebut, sebelum ditutupnya pendaftaran haji, minat mendaftar haji warga Pati turun 30 persen lantaran Kerajaan Arab Saudi tak kunjung memberikan regulasi yang jelas terkait warga Indonesia yang ingin datang ke tanah suci.(*)

Baca Juga :   Dispertan Pati Ajak Petani Budidayakan Padi M70d

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait