oleh

Video : Jumlah Desa Mandiri di Kabupaten Pati Bertambah

Pati, Mitrapost.com – Berdasarkan hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Pati tahun 2021 mengalami peningkatan.

Sebanyak enam desa tahun ini dinyatakan sebagai desa mandiri. Sementara tahun 2020, status desa mandiri hanya empat desa.

Bpkad Pati

Keenam desa ini adalah Pajeksan Kecamatan Juwana, Desa Puri Kecamatan Pati, Desa Tambaharjo Kecamatan Pati, Kutoharto Kecamatan Pati, Desa Karaban Kecamatan Gabus, dan Desa Gabus Kecamatan Gabus.

Hal ini disampaikan oleh Siti Mahmudah, Kepala Seksi Administrasi dan Informasi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati.

Sementara untuk kategori desa maju tahun ini juga bertambah dari 94 desa di tahun 2020 sekarang menjadi 122 desa.

Baca Juga :   Pandemi Covid-19, Menjadikan Status Desa Mandiri di Pati Berkurang

“Sedangkan untuk desa berkembang, tahun kemarin ada 303 berkurang menjadi 273 desa. Karena naik menjadi desa maju dan mandiri,” kata Siti saat ditemui di kantor Dispermades Pati, Kamis (29/7/2021).

Terakhir, untuk kategori desa tertinggal tahun ini nihil. Hal ini membuktikan bahwa program Pemkab Pati untuk mengentaskan desa tertinggal di Pati cukup efektif.

Siti mengatakan, sejumlah desa dengan kategori mandiri dan maju tersebut akan mendapatkan alokasi afirmasi di dana desanya.

“Kalau dulu yang mendapat afirmasi lebih banyak di desa tertinggal. Sekarang yang dapat afirmasi desa yang mandiri dan maju. Untuk berkembang dan tertinggal akan didorong meningkatkan kegiatan dan memperbaiki desanya. Kita bina lewat kegiatan dan pendampingan lebih ke pemberdayaan masyarakat,” tandas Siti

Baca Juga :   Video : Pencurian Sepeda Motor di Belasan Titik Terungkap, 2 Pelaku di Bawah Umur

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait