oleh

Yogyakarta Raih Predikat Terbaik KLA

Mitrapost.com – Kota Yogyakarta meraih predikat terbaik dalam penghargaan kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021.

Dimana menjadi satu- satunya wilayah di D.I Yogyakarta yang meraih predikat terbaik dan peringkat utama dalam penghargaan KLA ini.

Bpkad Pati

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah setempat dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak di kota Yogyakarta. Penghargaan diberikan secara virtual pada Kamis (29/7/2021)

“Selamat dan apresiasi kepada pejabat dan pemerintah daerah atas sumbangsih kerja nyatanya demi memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak di wilayahnya. Terutama pada KLA peringkat Utama yang diberikan kepada Kota Denpasar, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan Kota Surabaya,” jelasnya.

Baca Juga :   Jateng Dinobatkan Sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan, walaupun Yogyakarta bukan sebagai pilot project KLA namun mampu meraih predikat terbaik. Hal inipun terwujud berkat adanya Kerjasama dari berbagai pihak.

Sehingga dapat membentuk sistem dan perencanaan pembangunan kota yang mampu mengintegrasi semua sumber daya secara terencana.

“Kota Yogyakarta terpilih karena komitmennya dalam membangun sistem perlindungan dan pemenuhan hak anak yang berkelanjutan. Tahun kemarin kita mendapatkan peringkat Nindya dan tahun ini menjadi Utama, karena saling sinergi, Pemkot Yogyakarta bersama lembaga terkait memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak,” Kata Heroe Poerwadi.

Pencapaian ini sangat diharapkan oleh Kota Yogyakarta, dimana banyak kegiatan yang harus dijalani terlebih di masa pandemi.

Baca Juga :   AMNI Keluhkan Harga Jual Tangkapan Nelayan Anjlok

“Kita ketahui dengan adanya pemberlakuan PPKM Level 4, adanya pembatasan kegiatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini, sedikit banyak mempengaruhi kegiatan, aktivitas, perilaku dan psikologi anak, serta menimbulkan pergeseran dalam metode pengasuhan anak itu sendiri,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Edi Muhammad mengatakan, kota Yogyakarta layak mendapatkan penghargaan ini karena mencapai nilai 985 dari maksimal nilai 1000.

Penilaian didasarkan dalam lima klaster, diantaranya adalah Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, serta Perlindungan Khusus.

Ia pun menyampaikan ungkapan terimakasihnya atas sinergi semua pihak atas peran dalam memberikan kelayakan bagi para anak.

Baca Juga :   Pemkot Yogyakarta Gelar Prosesi Jamasan Pusaka Kyai Wijoyo Mukti

“Terimakasih peran dari semua pihak baik dari masyarakat yang terbawah seperti kampung ramah anak, desa kelurahan layak anak, kemantren layak anak bahkan lembaga-lembaga, institusi, mitra kami seperti PKK, Mitra Keluarga, Lembaga independen serta peran KPAI yang selalu bersinergi dengan kami mengawal pengawasan dan kebijakannya hingga mendapatkan peringkat Utama 2021,” ungkapnya Edi Muhammad saat diwawancarai. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait