oleh

Harga Garam Alami Penurunan

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Demak, Mitrapost.com – Harga garam mengalami penurunan. Hal ini bahkan terjadi di awal panen. Dimana sebelum panen per-zak dahlia dihargai sebesar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Sedangkan kini ditawar tengkulak dengan harag Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

Salah satu petani garam mengungkapkan bahwa harga garam di tahun ini sangat rendah. Bahkan hanya laku dengan harga Rp30 ribu per kuintal. Dimana tahun lalu, harga garam dihargai sebesar Rp50 ribu per kuital.

Petani garam dari Desa Kedungmutih kecamatan Wedung Mashuri mengatakan bahwa dengan harga Rp50 ribu, petani mendapatkan keuntungan yang sangat minim.

“Padahal untuk harga Rp50 ribu saja keuntungan petambak sangat minim,” ujar Mashuri.

Baca Juga :   Tekan Penyebaran Covid-19, Pariwisata Demak Ditutup Sementara

Ia juga menyebutkan bahwa harga ideal garam berada di atas Rp70 ribu per kuintal. Pihaknya pun berharap kepada pemerintah untuk memberikan bantuan alat untuk membuat garam. Dengan adanya bantuan berupa geomembran, sehingga dapat mengurangi beban operasional para petani tambak garam.

Solikin, petani tambak garam desa Kedungmutih juga berharap adanya bantuan alat untuk membuat garam tersebut.

“Saat ini saya menggarap lahan seluas 1 hektar dan membutuhkan geomembran 6 gulung dengan harga yang sangat tinggi Rp 24 juta. Selain itu saya membutuhkan modal lagi untuk membeli kincir angin, pompa air kecil dan peralatan panen lainya,” ujar Solikin.

Ia juga mengungkapkan bahwa, selama beberapa tahun lalu harga garam sempat tinggi. Walaupun begitu tetap tidak dapat menutup biaya produksi garam.

Baca Juga :   Viral Video Kekerasan Santri Ponpes, Bupati Demak Imbau Orangtua Tak Khawatir

Jika nantinya tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, maka ia akan menggunakan membrane bekas yang masih ada.

“Jika tidak ada bantuan kami hanya memakai membrane bekas yang masih ada, meski hasil panen tidak bisa maksimal”, ungkapnya. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar