10 Makhluk Mitologi Asli Indonesia

  1. Kuda Sembrani

Hewan mitologi di Indonesia lainnya yang berasal dari Jawa adalah Kuda Sembrani, seekor kuda bersayap yang bisa terbang dan pemberani.

Menurut cerita pewayangan, Kuda Sembrani merupakan kuda tunggangan Batara Wisnu, tetapi hikayat rakyat Jawa menyebutnya sebagai alat transportasi bagi raja, ratu dan senopati.

Salah satu legenda mengatakan, Kuda Sembrani milik Sultan Agung pernah kabur dari Kerajaan Mataram dan singgah di Pantai Madasari, Pangandaran, Jawa Barat.

  1. Nyai Roro Kidul

Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris yang dikenal sebagai Ratu Laut Selatan dan digambarkan memiliki paras rupawan.

Sosok yang memiliki nama asli Dewi Kadita ini dipercaya menguasai Laut Selatan dan memiliki kerajaan di bawah laut.

Baca Juga :   Video : Klenteng Hok Tik Bio, Keragaman Kepercayaan di Pati

Ada sebuah kepercayaan yang menyatakan larangan untuk berpakaian hijau di sepanjang pantai selatan Jawa, karena Nyi Roro Kidul amat menyukai warna hijau.

Mitosnya, jika nekat mengenakan baju hijau, bisa-bisa orang tersebut akan diseret masuk ke dalam lautan dan tak akan pernah kembali, lantaran menjadi tentara atau pelayan sang Nyai.

  1. Kuyang

Makhluk mitologi Indonesia asal Kalimantan yang kengeriannya tak perlu diragukan lagi. Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan organ-organ tubuh yang masih menggantung di kepala dan bisa terbang untuk memangsa darah bayi atau darah wanita yang baru melahirkan.

Kuyang adalah wanita yang memiliki ilmu hitam agar dapat hidup abadi dan berpenampilan seperti orang biasa di pagi hari.

Baca Juga :   5 Destinasi Wisata Horor di Indonesia

Menurut kepercayaan, korban harus menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabotan rumah tangga seperti panci dan wajan untuk menghadapi Kuyang. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati