Harga Kelapa Kopyor di Pati Sempat Turun 50 Persen selama PPKM

Perlu diketahui konsumen kelapa kopyor dari Pati di dominasi masyarakat Jakarta. Saat kendaraan para pengepul tak bisa memasuki Jawa Barat spontan barang dari Pati tertahan dan menumpuk di Pati. Imbasnya para petani terpaksa banting harga agar barangnya segera terjual.

Namun diakuinya setelah diterapkan PPKM Level 3 Pati berakhir alur transporatasi ke luar kota sudah lancar, sehingga harga perlahan membaik.

Ia berharap PPKM level 4 tak lagi diterapkan di Pati agar harga kelapa kopyor bisa stabil.

Meski harganya turun, Otik mengaku produksi panen kelapa kopyor tahun ini malah naik bila dibandingkan periode panen yang sana. Pasalnya, curah hujan pada musim kemarau tahun ini cukup tinggi sehingga pertumbuhan kelapa bisa optimal.

Baca Juga :   Selain dari Kotoran Hewan, Dispertan Pati Akan Olah Pupuk Organik Hayati

Hama kelapa yang tahun lalu menyerang juga bisa dikendalikan tahun ini.

“Per tandan kelapa kita kan bisa menghasilkan 10 butir yang kopyor bisa 40 persen mingkin 4 -7 yang kopyor. Jumlah per tandannya yang meningkat karena hujan. Tapi faktor pemupukan dan penyiraman juga berpengaruh sih,” katanya.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati