Video : Pelaku UMKM Kerajinan Tangan Kurang Tersentuh Bansos

Pati, Mitrapost.com – Pandemi Covid -19 mendampak serius pada pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak terkecuali bidang handicraft (kerajinan tangan).

Ranu Adi pengusaha kerajinan bonggol jagung dari Desa Sarirejo kecamatan Pati Kabupaten Pati mengaku pendapatannya turun 40 persen sejak pandemi melanda di tahun 2020.

Menurutnya ia masih beruntung, berbeda halnya dengan para pengusaha kerajinan lain yang mengandalkan sektor pariwisata untuk menyerap barang yang diproduksi. Diketahui sektor wisata di tutup total selama masa PPKM.

Tak hanya itu, masa PPKM juga membuat pemerintah membatalkan berbagai pameran dan eksibisi kerajinan  tahun ini. Kebijakan tentunya makin memberatkan pelaku kerajinan dalam memasarkan dagangannya.

Baca Juga :   Video : Dispertan Pati Pastikan Penjualan Tembakau Berjalan Baik

“Produk saya misalnya, ini kan produk baru, produk inovasi. Orang belum banyak yang tahu. Kalau ada pameran kan orang bisa membuktikan kualitasnya kalau lewat foto saja kurang maksimal,” ungkap Ranu saat ditemui di rumah produksinya kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati