Jaringan Kemitraan Untungkan Petani Tembakau di Masa Panen

Pada panen MT-2, ia mampu menghasilkan 1,3 ton hasil panen tembakau pada luasan 1 hektare. Dengan keuntungan ditaksir mencapai Rp35 juta. Namun, pada panen MT-3 ini dirinya belum bisa memprediksi hasil panennya.

Perlu diketahui, saat ini tengah berlangsung masa panen tembakau pada musim tanam ketiga (MT-3). Kondisi ini cukup menguntungkan petani, pasalnya panen kali ini bertepatan dengan musim kemarau sehingga kondisi tanaman tembakau tidak basah.

Sejak pekan lalu, petani tembakau di Jaken dan Pucakwangi berupaya memastikan hasil panennya dapat terjual dengan kondisi yang baik. Setiap hari mereka memetik tembakau yang sudah siap panen, lalu dikumpulkan, dikeringkan, dan dirajang.

Pada hari minggu, tembakau yang sudah dipilah akan diangkut ke PT Sadhana Arif Nusa yang berlokasi di Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang.

Baca Juga :   Hujan Masih Mengguyur, Petani Tembakau Khawatir Tanaman Mati

Untuk tembakau yang telah dirajang akan dikirim. Namun, tembakau yang kualitasnya kurang bagus akan dikonsumsi sendiri untuk keperluan tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati