Seharian Kerja di depan Komputer, Ini 12 Tips Mata Tetap Sehat

Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai, serta kurangi pencahayaan interior dengan menggunakan lebih sedikit lampu, atau gunakan lampu dengan intensitas rendah. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer Anda di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya.

  1. Atur terang-gelap kontras sinar laptop

Pantulan pada dinding dan layar komputer Anda juga dapat bisa menyebabkan CVS. Sesuaikan kecerahan layar Anda sehingga kira-kira sama dengan kecerahan di zsekitar tempat kerja Anda. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-glare pada monitor Anda.

Jika Anda masih memakai monitor komputer berbentuk tabung (disebut juga cathode ray tube atau CRT), Anda perlu menggantinya dengan liquid crystal display. seperti pada layar laptop. Layar LCD lebih aman pada mata dan biasanya memiliki permukaan anti reflektif, sedangkan layar CRT lebih mudah menyebabkan CVS.

Baca Juga :   10 Tips Menghilangkan Malas Olahraga

Sesuaikan kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata Anda, terutama saat membaca atau menyusun dokumen yang panjang. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih merupakan kombinasi yang baik.

  1. Olahraga mata

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terus berfokus pada layar komputer, Anda perlu berpaling dari komputer Anda setiap 20 menit dan menatap benda jauh (sekitar 20 kaki atau 6 meter jauhnya) selama 20 detik. Sebagian dokter mata menyebut ini “20-20-20 rule”. Melihat jauh dapat melemaskan otot mata sehingga mengurangi kelelahan pada mata Anda dan mebuat Mata Tetap Sehat.

  1. Memakai kacamata

Jika  memakai kacamata, pilihlah lensa kacamata dengan pelapis anti-reflective (AR). Lapisan AR mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata Anda.