Seharian Kerja di depan Komputer, Ini 12 Tips Mata Tetap Sehat

Mitrapost.com – Tips Mata Tetap Sehat, Pernahkah kamu,mengalami mata lelah akibat seharian bekerja di depan komputer? Saat bekerja menggunakan ponsel atau komputer, kedipan mata menjadi  berkurang yang mengakibatkan mata menjadi perih, gatal, panas, kering.

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata, meski seharian bekerja didepan komputer? Coba terapkan kebiasaan hidup sehat seperti dibawah ini.

  1. Atur posisi monitor

kebanyakan orang, melihat monitor dengan posisi mata  kebawah bukan sejajar. Aturlah monitor menjadi 15-20 derajat dibawah pandangan lurus.juga tempatkan komputer sejauh 50-71 cm dari mata.

  1. Atur posisi duduk

Kursi yang digunakan bekerja harus nyaman dan sesuai dengan postur tubuh anda. ketinggian kursi juha harus diatur supaya kaki bisa bersandar dengan nyaman di lantai. Posisi lengan juga diatur supaya mendapat posisi nyaman ketika mengetik

  1. Berkedip

Biasanya orang berkedip lebih sedikit dari biasanya saat berada didepan komputer. Hal ini dapat menyebabkan mata kering dan gatal, yang berisiko mata menjadi lelah. Berkedip, menghasilkan air mata, yang dapat membuat mata menjadi lebih segar.

  1. Istirahat

Cara menjaga mata sehat disaat disaat bekerja didepan komputer seharian adalah dengan istirahat disela sela waktu bekerja anda. Istirahatkan mata sekitar 15 menit.

  1. Rutin cek mata

Rutin mengecek mata ke dokter adalah langkah utama untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat seharian didepan layar komputer. Mengecek mata ke dokter harus rutin dilakukan setidaknya sekali dalam setahun sehingga dapat mata tetap sehat.

  1. Atur pencahayaan

Mata lelah diakibatkan oleh cahaya yang terlalu terang. Baik melalui sinar matahari, ataupun pencahayaan ruang kantor yamg berlebihan. Akibatnya Anda harus selalu mengernyitkan mata selama bekerja. Jika memungkinkan cat dinding ruangan Anda dengan warna yang lebih gelap dengan hasil akhir matte.