Ketoprak Jadi Prioritas GSMS di Kabupaten Pati

Pati, Mitrapost.com – Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati mengatakan Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2021 banyak angkat di bidang Ketoprak.

“Tahun ini yang paling banyak kita angkat Kethoprak. Karena kethoprak menjadi ikon Kabupaten Pati,” kata Paryanto kepada mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Rabu (8/9/2021).

Sementara itu, Paryanto menjelaskan regenerasi ketoprak di Kabupaten Pati tidak jalan dengan semestinya. Grup ketoprak di Kabupaten Pati sendiri terbilang cukup banyak.

“Grup ketoprak Pati banyak, grupnya sekitar 50 sekian. Tapi jumlah seniman ketopraknya tidak banyak. Yang banyak malah orang dari luar Pati,” jelasnya.

Adapun grup ketoprak yang terkenal di Pati, seperti Wahyu Manggolo, Sapta Mandala, Cahyo Mudho, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   BMT Fastabiq Mengayomi 50 Warung Kelontong

Ia menegaskan seniman yang ada di Kabupaten Pati sangat minim, sedangkan kebanyakan seniman grup ketoprak berasal dari luar kabupaten Pati. “Grupnya grup Pati, tapi pemainnya banyak yang dari luar Pati,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati