Sambut HUT TNI, Dinsos-P2KB Gelar Layanan KB Gratis

Pekalongan, Mitrapost.com – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-76 yang jatuh pada 5 Oktober mendatang, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) bekerjasama dengan Kodim 0710/Pekalongan menyelenggarakan Pelayanan Bulan KB Gratis.

Layanan KB Gratis ini digelar di masing-masing puskesma yang sudah terjadwal mulai tanggal 5 September-4 Oktober 2021.

Plt Dinsos-P2KB Kota Pekalongan melalui Kepala Seksi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Dra Niken Soerwiatrini, menjelaskan bahwa pelayanan Bulan KB yang difasilitasi gratis ini yakni KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) antara lain IUD,Implan, vasektomi (MOP), tubektomi (MOW).

“Untuk pelayanan IUD dan implan ada di 14 puskesmas yang ada di Kota Pekalongan dan 8 Bidan Praktik Mandiri (BPM), dimana setiap kecamatan terdapat 2 BPM yang sudah bersertifikat kompetensi. Sedangkan, pelayanan MOP di Puskesmas Bendan, dan MOW di RSUD Bendan dan RS HA Zaky Djunaid. Pelayanan Bulan KB gratis ini kami mengikuti masing-masing jadwal pelayanan KB di fasyankes yang secara rutin digelar.  Informasi lebih lanjut bisa dipantau di ig @dinsosp2kb_kotapekalongan,” terang Niken,Senin(13/9/2021).