6 Gejala Kanker Anus yang Patut Diwaspadai

Dengan kanker anus, diare cukup umum terjadi. Poin penting dengan kebiasaan BAB adalah waspada terhadap perubahan BAB yang terjadi pada diri sendiri. Ini karena setiap orang memiliki kebiasaan BAB yang berbeda, dan apa yang normal untuk satu orang mungkin tidak untuk orang lain.

Perubahan kebiasaan BAB memang bisa menjadi tanda kanker anus. Tapi, ada banyak kondisi lain yang bisa juga menyebabkan kondisi tersebut. Misalnya saja, masalah kecil seperti pola makan kurang sehat. Meski demikian, Anda sebaiknya dapat berkonsultasi dengan dokter saat mengalami perubahan kebiasaan BAB.

  1. Tekanan pada anus

Gejala umum lain dari kanker anus adalah adanya tekanan atau rasa penuh pada anus. Tenesmus, yakni merasa seperti tidak dapat sepenuhnya mengosongkan isi perut atau tak tuntas BAB juga menjadi gejala kanker anus.

Baca Juga :   Kenali Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mencegahnya

Massa di rektum dapat memberikan sensasi pengosongan yang tidak tuntas (tenesmus), bahkan jika Anda tidak perlu lagi BAB.

  1. Tinja berubah tipis

Perubahan pola BAB berupa tinja tipis atau seperti pita maupun pensil dapat mengindikasikan adanya masalah dalam anus. Pertumbuhan tumor atau kanker di usus besar atau rektum yang sebagian menghalangi saluran dapat mengubah ukuran dan bentuk tinja saat keluar dari tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati