7 Pra-Koperasi Akan Jadi Koperasi Sektor Riil

Pati, Mitrapost.com – Kepala Dinas Koperasi dan Unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Wahyu Setyati menyebut jumlah koperasi sektor riil di Kabupaten Pati terus mengalami peningkatan.

Ia mencatat tahun ini sudah ada 18 koperasi sektor riil yang masih beroperasi. Koperasi-koperasi tersebut bergerak di sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Wahyu menyebut, pengadaan Koperasi Sektor Riil di Pati tengah menjadi prioriatas karena manfaatnya bisa langsung dinikmati anggotanya, dibandingkan koperasi jenis lain.

“Wacana dari Kementerianm di tahun 2021 dan seterusnya cenderung ke sektor riil,” kata Wahyu kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya kemarin.

Selain 18 koperasi tersebut, Kabupaten Pati masih ada 7 pra koperasi yang berbentuk KUB (Kelompok Usaha Bersama) yang dalam waktu dekat bisa dikukuhkan menjadi koperasi.

Baca Juga :   Video : Tak Hanya Daging, Pati Juga Punya Produk Susu dari Peternakan Lokal

Wahyu menjelaskan koperasi riil di Pati, jumlahnya sangat kecil karena kurang populer. koperasi di Pati masih didominasi koperasi simpan pinjam (KSP). Selain itu, mengumpulkan para pelaku usaha untuk membuat koperasi sektor riil juga lebih sulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati