Presiden Percayakan Ketua Gernas BBI Kepada Luhut Binsar Pandjaitan

Jakarta, Mitrapost.comPresiden Joko Widodo menunjuk Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Gernas BBI atau  Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

BBI merupakan gerakan untuk memperkuat branding produk-produk UMKM di dalam negeri dan memperluas akses pasar melalui penjualan digital.

Langkah tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Tim Gernas BBI). YangI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

“Susunan Tim Gernas BBI terdiri atas Ketua: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,” tulis Pasal 2 Keppres 15/2021

Adapun tugas Luhut Binsar sebagai Ketua dan Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dijelaskan di Pasal 3. Secara garis besar, nantinya ia akan elaksanakan kegiatan pencapaian target Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang selanjutnya disebut dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia meliputi:

  1. Peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang masuk dalam ekosistem digital.
  2. Peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal.
  3. Peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal.
  4. Stimulus ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif Gernas BBI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Baca Juga :   Kunker ke Jateng, Jokowi: Jangan Sampai Muncul Gelombang Kedua Virus Corona

Tak hanya itu, BBi harus menyelaraskan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan kampanye publik Gernas BBI, monitoring dan evaluasi pelaksanaan pencapaian target Gernas BBI  dan melaporkan data perkembangan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati