Lokasi Pabrik Kendaraan Listrik Pertama Asia Tenggara Berada di Karawang

Mitrapost.comNew Insdustri City (KNIC) menjadi pabrik pertama di Asia Tenggara yang memproduksi baterai kendaraan listrik atau electric vehicle.

Pabrik baterai listrik ini dibangun oleh PT. HKML Battery Indonesia, perusahaan yang menjadi konsorsum LG Energy Solution, Hyundai Mobis, Hyundai Motor Company, dan KIA corporation.

Pabrik baru baterai listrik ini akan menempati lahan seluas 319.000 meter persegi menargetkan dapat menghasilkan kapasitas produksi samapi 10 Giga Watt per Hour (GWH) baterai pada tahap pertama.

“Pembangunan ini akan menjadi pabrik baterai EV pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat peresmian.

Jokowi mengungkapkan Indonesia sebenarnya memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, maka dari itu KNIC memperluas area 200 Hektar di Karawang. Pengolahan nikel yang baik dengan manajemen baik pula akan mengantarkan Indonesia menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel dalam tiga hingga empat tahunkedepan. Produk  nikel ini antara lain lithium, baterai kendaraan listrik, dan baterai listrik.