Aktivitas yang Memperparah Kondisi Minus pada Mata

Mitrapost.com – Tidak sedikit orang yang memiliki keluhan mata minus. Apabila saat ini mata kita mengalami kelainan mata minus, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas. Pasalnya beberapa aktivitas yang kita lakukan sehari-hari ternyata dapat membuat kondisi kelainan mata minus semakin bertambah parah.

Perlu diketahui, mata minus atau miopia merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan mata sulit melihat benda yang berada di posisi jauh. Kondisi tersebut dikarenakan lensa mata dan kornea tidak mampu memfokuskan biasan cahaya untuk jatuh tepat di retina. Pada kondisi mata minus biasan cahaya justru jauh di depan retina.

Hingga kini penyebab kondisi kelainan mata minus masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa kebiasaan atau perilaku yang berakibat pada peningkatan risiko mata minus atau pertambahan minus yang sudah terjadi. Beberapa kebiasaan tersebut, di antaranya :

  1. Membaca di tempat redup
Baca Juga :   Jaga Kesehatan Mata, Terapkan Cara Berikut

Membaca di tempat dengan pencahayaan redup menyebabkan otot-otot mata bekerja lebih keras untuk menangkap objek. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus maka penambahan minus tak bisa kita hindari.

  1. Membaca terlalu dekat

Membaca terlalu dekat membuat otot-otot kecil di mata bekerja keras untuk bisa fokus. Jika kondisi tersebut terjadi secara berulang-ulang dan berkelanjutan, lama-kelamaan otot mata akan kelelahan hingga mengalami kerusakan. Sehingga akan memicu penambahan minus pada mata.

  1. Melihat layar monitor terlalu dekat atau lama

Menatap layar monitor terlalu dekat atau dalam waktu lama membuat mata bekerja lebih keras. Pada akhirnya, mata akan kelelahan dan fungsinya melemah. Jika dibiarkan maka mata minus akan semakin bertambah parah.

  1. Tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus
Baca Juga :   Cara Gunakan Gadget Agar Aman Bagi Mata

Penderita mata minus yang tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus dapat membuat mata semakin berakomodasi menyesuaikan penglihatan. Semakin sering dilakukan, semakin cepat pula pertambahan minus mata yang dirasakan.

  1. Sering terpapar sinar ultraviolet (UV)

Paparan sinar ultraviolet pada mata dapat menyebabkan kerusakan otot-otot yang menunjang penglihatan. Jika mata sering terpapar sinar ultraviolet, maka kondisi mata akan semakin memburuk hingga menyebabkan minus bertambah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati