Fakta Menarik Kehidupan Sosial Orang Jawa

Mitrapost.com – Kebudayaan di Indonesia sangatlah beragam, salah satunya tersebar ke beberapa suku yang terdapat di Nusantara.

Secara harfiah, kebudayaan diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial. Pengetahuan tersebut digunakan untuk memahami lingkungan serta menjadi pedoman dalam berperilaku.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), Suku Jawa merupakan suku terbesar dengan proporsi 40,05 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Masyarakat Suku Jawa tidak hanya mendiami pulau jawa saja, tetapi juga ada yang berada di luar pulau jawa dengan tetap mempertahankan nilai-nilai budayanya.

Oleh karena itu, kebudayaan Suku Jawa dinilai besar dan sangat beragam dari berbagai sisi :

1. Kepercayaan

Baca Juga :   Peringati Hari Wayang Dunia, 16 Dalang Rembang Gelar Pentas Virtual

Dalam sistem kepercayaan/religi mayoritas masyarakat Suku Jawa bergama Islam, selain itu juga terdapat masyarakat penganut agama Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.

Selain itu, berdasarkan Buku Daring Antropologi, diketahui masyarakat Jawa juga percaya terhadap keberadaan arwah/roh leluhur dan makhluk halus seperti lelembut, tuyul, demit, dan jin. Masyarakat Jawa juga percaya bahwa hidup ini diatur oleh alam, maka mereka bersikap nrimo (pasrah).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati